Translate

Tuesday, April 11, 2017

Dapat Penghargaan 10 Kali Donor Darah

Penghargaan 10 Kali Donor Darah 

Pengalaman Mendapatkan Penghargaan 10 Kali Donor Darah Dari PMI Jember

Pada pertengahan Februari 2017, saya mendapatkan notifikasi sms dari UDD PMI Jember yang menyatakan bahwa saya disuruh untuk mengambil sertifikat penghargaan 10 kali donor darah di kantor UDD PMI Jember. Ya, saya merupakan pendonor darah rutin sejak tahun 2016 tetapi sebenarnya saya pertama kali donor darah pada tahun 2012. Selama rentang waktu tahun 2012-2015an saya memang melakukan donor darah tetapi intenstasnya jarang paling hanya 1-3 kali per tahun. Namun saya akhirnya memutuskan untuk donor darah secara rutin di tahun 2016. Hingga akhirnya, pada pertengahan Februari saya telah mencapai lebih dari 10 kali donor, sehingga pihak PMI tempat saya berdomisili yaitu Jember menginfokan kepada saya untuk mengambil penghargaan 10 kali donor.

Palang Merah Indonesia (PMI) sendiri sangat mengapresiasi pendonor darah yang telah melakukan donor sebanyak 10 kali, 25 kali, 50 kali, 75 kali dan 100 kali, karena pendonor darah merupakan salah satu pejuang kemanusiaan yang berhak untuk diapresiasi. Salah satu bentuk apresiasi dari PMI yaitu dengan memberikan penghargaan bahkan jika telah melakukan donor darah 100 kali, pendonor bisa bertemu langsung dengan presiden Republik Indonesia.
Bagi penulis sendiri, donor darah menjadi agenda rutin setiap beberapa bulannya karena dengan donor darah penulis berharap bisa meringankan sedikit beban bagi para pasien yang membutuhkan darah. Donor darah sendiri merupakan tindakan sukarela oleh karena itu donor darah harus dilandasi dengan keikhlasan hati untuk menyumbangkan sekantong darahnya kepada yang membutuhkan.

Penulis sangat terkesan dengan upaya UDD PMI Jember yang sangat aktif dalam menarik para calon pendonor. Salah satu cara yang diupayakan oleh UDD PMI Jember adalah dengan melalui sms notifikasi, UDD PMI Jember dengan ramah akan memberikan notifikasi sms jika calon pendonor telah waktunya untuk donor darah kembali, sehingga calon pendonor aan mengetahui kapan dia berdonor lagi. Selain itu, UDD PMI Jember juga telah membuat halaman website yang cukup menarik di mana dalam halaman website tersebut PMI Jember memposting agenda-agenda dari UDD PMI Jember. Bahkan dalam halaman website UDD PMI Jember (http://donordarahsehat.com/) terdapat jadwal agenda donor darah di berbagai tempat dan stok darah. 
https://popcash.net/register/56215
Hal lain yang patut diacungi jempol dari website UDD PMI Jember adalah adanya sistem informasi mengenai pendonor. Jadi, jika Anda adalah pendonor maka semua data mengenai catatan donor bisa ditampilkan di website tersebut seperti sudah berapa kali donor, kapan donor terakhir dan kapan harus donor semua hal tersebut bisa diketahui hanya dengan memasukan Kode Pendonor yang terdapat pada Kartu Donor Anda. Sehingga, dengan adanya sistem login pendonor Anda akan lebih mudah mengetahui jadwal kapan Anda harus donor kembali.

No comments:

Post a Comment