Translate

Saturday, April 22, 2017

Pembayaran Otomatis Tertunda di Google Adsense, Apa Penyebabnya?


Penyebab Pembayaran Otomatis Tertunda di Google Adsense 
Sebenarnya apa penyebab pembayaran otomatis tertunda di Google Adsense?
Simak contoh kasus yang dihadapi oleh penulis.

Pada kasus saya:
Saya tadi pagi, 22 April 2017 pukul 03:15 WIB mendapatkan email dari google adsense yang isinya tentang pencairan penghasilan google adsense. Isinya seperti berikut ini:
  
Wah hati saya langsung berbunga-bunga nih setelah dari bulan Maret menunggu-nunggu kabar dari google adsense terkait pencairan. Setelah itu, langsung saya bergegas buka dashboard google adsense sesuai dengan petunjuknya yang tertera seperti di gambar. Setelah buka google adsense (GA) langsung menuju menu pembayaran. Tapi kok enggak ada apa-apa? (pikirku). Tapi, setelah dicermati ada yang berubah di tab transaksi, langsung klik dan hasilnya seperti ini. 
 
Mak jleb, ada kalimat muncul “pembayaran otomatis tertunda : rekening bla..bla..bla..”., ada kata-kata “tertunda” di situ, saya baca berulang-ulang untuk memastikan kalau yang saya baca salah tapi memang benar ada kata-kata “tertunda”. Waduh gimana nih? Saya khawatir banget dengan munculnya kata “tertunda” , sempat berpikir apa yang salah dengan akun google adsensku atau apa yang salah dengan channel youtube saya? Bisa-bisa saya nggak jadi dapat uang dari jerih payahku?

Dengan pikiran yang terbayang-bayang kata “tertunda” saya akhirnya browsing ke sana-ke mari mengenai pembayaran tertunda. Eng..ing..eng..saya sedikit mendapatkan angin segar setelah menemukan beberapa artikel yang menyatakan bahwa pembayaran tertunda bisa terjadi karena perbedaan waktu jam kerja di luar negeri, masih dalam proses penghitungan atau kemungkinan ada sebab lainnya. Setelah membaca hal tersebut, akhirnya saya bisa bernafas lega dan berharap beberapa hari ke depan dapat menerima transferan uang dari GA. Tapi ternyata, pada siang harinya pukul 11.00 WIB, pas saya buka menu pembayaran>transaksi muncul tulisan bahwa penghasilan telah dibayarkan. Oh men... terima kasih google...
Tapi, uang yang telah dibayarkan belum tentu langsung masuk ke rekening bank kita langsung, karena harus menunggu dari pihak bank mentransfernya terlebih dahulu. Nah, pada kasus yang dialami oleh penulis, pada Sabtu, 22 April 2017 mendapatkan notice jika pembbayaran tertunda dan beberapa jam kemudian berubah menjadi telah dibayarkan. Pada Selasa, 25 April 2017, transferan baru benar-benar masuk ke no. rekening, hal ini dikarenakan Sabtu libur, Minggu libur dan Seninnya ternyata pada waktu itu juga bertepatan dengan hari libur nasional (hari peringatan isra mi'raj) yang otomatis bank tutup selama tiga hari, dari Sabtu-Senin. Oleh karena itu, penulis baru mendapatkan uang dari GA pada hari Selasa. Mungkin berbeda ketika hari Senin tidak libur, maka kemungkinan besar penulis akan menerimanya di hari Senin.
Ternyata eh ternyata, tidak ada potongan biaya yang dibebankan kepada kita, sehingga apa yang tertera di dalam tab transaksi atau bukti tanda terima pembayaran itulah yang bakal diterima oleh kita.
Jadi, pembayaran tertunda di Google Adsense menjadi hal yang biasa terjadi. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir karena pembayaran penghasilan anda dari Google Adsense pasti akan dibayarkan.

No comments:

Post a Comment