Translate

Sunday, July 19, 2015

Bus Jurusan Yogyakarta-Purwokerto



Bus Jurusan Yogyakarta - Purwokerto

Salah satu bus jurusan Yogyakarta ke Purwokerto atau Purwokerto ke Yogyakarta yaitu bus Sugeng Rahayu. Armada bus ini memang sudah cukup berpengalaman di bidang perbusan Indonesia. Dengan rute yang relatif dekat ini (Yogyakarta-Purwokerto) bus Sugeng Rahayu tetap mengutamakan kenyamanan penumpang. Pengalaman pertama kali saya menaiki bus ini ketika pada 13 Juli 2015. Setiba di stasiun Yogyakarta dengan kereta api Sri Tanjung pada pukul 19.45-an, saya kemudian melanjutkan menuju stasiun Giwangan, Yogyakarta. Tujuan saya sendiri adalah ke kabupaten Kebumen yang berada di Jawa Tengah. Dalam perjalanan menuju stasiun Giwangan yang menjadi salah satu stasiun terbesar di kota Gudheg ini saya memilih untuk memakai transportasi ojek. Sebelumnya saya kurang paham dengan modal trnsportasi menuju terminal Giwangan dari stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, yang saya ketahui cuma taxi dan ojek, sepengetahuan saya sih, kalau mau naik angkutan kota harus jalan kaki menuju jalan utama, sehingga daripada saya bingung, akhirnya saya memilih ojek yang langsung mengantarkan ke tempat tujuan. Jarak antara stasiun Lempuyangan dengan terminal Giwangan sekitar 6 km, sehingga perjalanan memakan waktu sekitar 10-15 menit.
Sesampai di terminal Giwangan anda harus membayar uang retribusi untuk waktu tunggu sebesar Rp 500,-. Kemudian kondektur bus Sugeng Rahayu sempat menghampiri saya dan bertanya tentang tujuan saya.Eh pas banget, rute bus Sugeng Rahyu dengan tujuan saya sama, akhirnya tanpa babibu langsung naik tuh bus. Awalnya sih saya berencana untuk naik bus Efisiensi, tapi karena rute bus Sugeng Rahayu dan tujuan saya sama, sehingga tanpa pikir panjang saya pastikan untuk memilih bus Sugeng Rahayu tersebut. Di sebelah tempat parkir bus Sugeng Rahayu juga nampak bus efisiensi dan pada saat itu saya lihat masih belum banyak yang naik. Pas saya masuk ke bus Sugeng Rahayu ternyata sudah ada belasan penumpang yang sudah duduk manis untuk menunggu jalannya bus Sugeng Rahayu yang memiliki warna orange sebagai salah satu warna ciri khasnya. Saat naik, saya langsung cek kondisi bus, AC ok, toilet OK, tempat duduk nyaman dengan posisi 2-2, LCD TV ok, kondisi bersih dan nyaman. Eh ternyata tidak memakan waktu yang lama untuk menunggu bus ini jalan, beruntung banget. Hanya sekitar 15 menit pas saya naik langsung tancap tuh bus, mungkin memang sudah masuk waktunya untuk jalan kali yah. Nah tips saat naik bus nih,  saat masuk bus tuh, pilih tempat duduk yang tidak jauh dari sopir alias pilih nomor duduk yang bagian depan, hal ini memudahkan saat turun di tempat tujuan karena dektat dengan pintu keluar. Oh ya untuk naik bus Sugeng Rahayu anda tinggal naik dan pilih tempat duduk tanpa memesan tiket/reservasi tiket terlebih dahulu. Nah proses pembayaran tiketnya dilakukan saat bus sedang berjalan, tidak lama setelah bus berjalan. Nanti anda bakalan ditanya oleh kondektur tentang tujuan anda/turun di mana. Setelah itu kondekturnyaakan mencatatnya dan mengecek berapa biaya yang harus dibayar. Saya sendiri hanya membayar Rp 60.000,- untuk tujuan Sruweng, Kebumen.
Kondekturnya juga akan mengecek satu per satu penumpang yang akan turun apakah tertidur atau tidak hal ini bertujuan agar tidak kebablasan. Pengalaman saya sendiri naik bus ini memang benar-benar nyaman dan enjoy, akan tetapi pas saat saya menggunakan jasa bus ini kebetulan menemui kondektur yang masih belum hafal betul tentang lokasi/tempat turun sehingga kita tetap harus bilang ke kondektur dan sopir lagi saat mau turun.
Secara pribadi sih saya nyaman memakai angkutan ini, bahkan tergolong murah dengan fasilitas yang cukup baik. Selain itu juga dapat air mineral dalam kemasan botol gratis tanpa makanan loh. Beberapa penumpang sempat saya tanya ternyata relatif nyaman menggunakan bus Sugeng Rahayu ini. Tarif tergantung pada tujuan loh, yang saya ketahui untuk tarif dari Yogyakarta ke Banyumas sekitar Rp 75.000,-, untuk tujuan Purwokerto mungkin relatif sama yah.