Translate

Saturday, May 30, 2015

Perubahan Minat Pembeli

Perubahan Sosial
Beralihnya Minat Pembeli Berbelanja ke Minimarket dan Menjamurnya Minimarket

Minimarket merupakan  toko swalayan  yang hanya memiliki satu atau dua mesin register dengan manajemen modern dan dikelola secara profesional serta tranparan dan keberadaannya bisa dipersiapkan memasuki era globalisasi. Menurut analisis Kementerian Koperasi, Usaha, Kecil dan Menengah (KUKM) pertumbuhan minimarket di Indonesia pada periode tahun 2005 sampai dengan 2007 mencapai 37,47 persen per tahun. Pada tahun 2006, jumlah minimarket di Indonesia sebanyak 7.356 unit dan tahun 2008 sebanyak 8.889 unit.
Keberadaan minimarket di daerah Kabupaten Jember bisa dikatakan cukup banyak dan cenderung meningkat jumlahnya. Di Kabupaten Jember sendiri berdasarkan data dari Kantor  Disperindag  Kabupaten  Jember  tahun  2011  terdapat  sekitar  48  minimarket  yang terdiri dari 35 unit minimarket Indomaret dan 13 unit minimarket Alfamart. Peningkatan jumlaPerubahan Minat Daya Pembeli dari Toko Kelontong ke Minimarket