Perubahan Sosial
Beralihnya Minat Pembeli Berbelanja
ke
Minimarket dan Menjamurnya Minimarket
Minimarket merupakan
toko swalayan
yang hanya memiliki
satu atau dua mesin
register
dengan manajemen modern dan dikelola secara profesional serta tranparan dan keberadaannya bisa
dipersiapkan memasuki era
globalisasi. Menurut analisis Kementerian Koperasi, Usaha, Kecil dan Menengah (KUKM) pertumbuhan minimarket di Indonesia
pada
periode tahun 2005 sampai dengan 2007 mencapai 37,47 persen per tahun. Pada
tahun 2006, jumlah minimarket di Indonesia sebanyak 7.356 unit
dan tahun 2008 sebanyak
8.889 unit.
Keberadaan minimarket di daerah Kabupaten Jember bisa dikatakan cukup banyak
dan
cenderung meningkat jumlahnya. Di Kabupaten Jember sendiri berdasarkan data dari Kantor
Disperindag Kabupaten
Jember
tahun
2011 terdapat
sekitar
48 minimarket yang
terdiri dari 35 unit minimarket Indomaret
dan 13 unit minimarket Alfamart. Peningkatan
jumlah Perubahan Minat Daya Pembeli dari Toko Kelontong ke Minimarket