Translate

Thursday, May 28, 2015

Cacat Fisik Laptop Tidak Termasuk Garansi

Garansi Laptop Hp
Apakah kerusakan fisik pada laptop seperti casing pecah, casing retak, engsel rusak, casing betat, layar bergaris, layar pecah termasuk garansi?
Kerusakan fisik pada laptop karena kesalahan pengguna atau pemakai tidak termasuk dalam garansi, meskipun garansinya masih berlaku.
            Saya memiliki pengalaman tentang masalah garansi pada laptop Hp saya tipenya NB HP 1000-1432TU/2G/320GB. Laptop saya yang saya beli pada bulan Agustus tahun 2014 lalu, tidak sengaja jatuh dan menyebabkan kerusakan pada di salah satu sisi laptop karena jatuhnya tegak sehingga bagian samping laptop rusak parah. Kerusakan laptop saya berupa casing retak sekitar 8 cm, casing keyboard di sebelah sudut atas betat selain itu engselnya salah satunya juga rusak meski masih bisa digerakan tapi terdapat kerusakan sesuatu pada engsel yang menyebabkan kurang normal. 
Gambar hanya ilustrasi, tetapi kurang lebih hampir sama, di mana terdapat betat dan retak di bagian engsel laptop
Meskipun demikian layar laptop saya masih normal meski habis jatuh dari ketinggian sekitar 150 cm dan masih normal digunakan. Jatuhnya laptop saya terjadi pada hari Selasa tanggal 5 Mei 2015, kemudian saya sempat pakai main game seharian dan masih normal. Pada hari Rabu, 6 Mei 2015 saya pergi ke tempat saya membeli laptop di Jember sebut saja namanya Bitcom Plaza. Sebelum saya konsultasi ke tempat di mana saya membeli laptop, saya sempat bertanya ke teman-teman tentang kerusakan laptop saya dan kebetulan ada temanku sebut saja namanya Bunga yang dulu pernah menjumpai kasus yang hampir sama dengan laptop saya, di mana Bunga memiliki teman yang mengalami kerusakan pada laptopnya berupa casing retak sekitar 20 cm-an dan layar laptop pecah dan retak, kemudian dibawa ke tempat dia beli yang sama dengan tempat saya beli yaitu Bitcom Plaza. Temannya Bunga juga memakai garansi dan laptopnya berhasil diperbaiki dengan baik, layar laptop diganti dan casingnya kembali normal dan Bunga menyampaikan kepadaku bahwa temannya hanya mengeluarkan uang sebesar 20.000 (kok bisa ya, dalam hati aku bicara seperti itu).
            Dengan optimisme yang tinggi, saya membawa laptopku ke tempat saya beli yaitu Bitcom Plaza setelah mendengar kasus yang terjadi pada temannya Bunga. Dengan perasaan senang karena masih memiliki masa garansi untuk service meskipun sangat sedih karena laptop kesayangan saya harus rusak dan cacat fisik, saya berkonsultasi dengan tukang service dan menjelaskan masalah pada laptop saya. Akan tetapi saat itu bagian service sudah kosong dan saya berkonsultasi pada bagian pelayanan lainnya, dan bagian pelayanan lainnya menyatakan bahwa laptop saya tidak bisa digaransikan karena telah cacat fisik yang diakibatkan oleh kesalahan dan kelalaian pengguna. Setelah itu saya pulang dan balik ke Bitcom Plaza pada Jumat, 8 Mei 2015, saya bertemu langsung dengan petugas servicenya dan menjelaskan kasus laptop saya, memang petugas service menyatakan bahwa kerusakan cacat fisik laptop saya tidak termasuk garansi. Tetapi say juga menjelaskan kerusakan pada laptop saya sebelum jatuh, di mana laptop saya sudah mengalami error pada fan atau kipas laptop dan keyboardnya sebelum jatuh. Pada ventilasi/lubang sirkulasi fan laptop saya terkadang keluar seperti asap dan debu, apalagi kalau kondisi laptop dimiringkan dan terdengar bunyi pretek..pretek... Selain itu terkadang keyboard saya juga nyetrum saat dicharge, sering kan kalau tempat colokan buat port monitor, colokan soket/jaringan, colokan buat port USB/HDMI pada laptop suka nyetrum, tetapi laptop saya tidak hanya pada colokan-colokan itu saja tetapi juga keyboardnya. Meskipun tidak sering terjadi, namun membuat saya was-was saat saya memakainya. Nah masalah keyboard nyetrum dan ventilasi laptop yang terkadang mengeluarkan asap dan bunyi terjadi sebelum laptop jatuh, saya sengaja biarkan begitu saja soalnya saya berniat untuk service ke Bitcomnya kalau sudah teralalu parah, rencananya memang akan segera diservice dengan menggunakan garansi, tapi apa daya malah terjadi sesuatu yang tak terguda laptop saya jatuh.
            Dengan berbagai penjelasan tersebut akhirnya pihak service mau mencatat permasalahan saya. Kemudian dicek oleh petugas service tentang keluhan saya seperti keyboard yang kadang nyetrum dan keluar asap dan bunyi pada ventilasinya. Petugas service justru tidak menemukan kejanggalan pada keyboard saya berupa nyetrum saat digunakan, tetapi saya berusaha menjelaskan kembali bahwa keyboard laptop saya benar-benar nyetrum meskipun intensitasnya sesekali saja. Pihak Bitcom sendiri tidak bisa memastikan adanya perbaikan pada laptop saya karena masalah cacat fisik, selain itu yang berhak memutuskan apakah kerusakan ini termasuk garansi atau tidak adalah pihak service center Hp yang ada di Surabaya. Meski demikian saya tetap berharap bisa diperbaiki kerusakan laptop saya. Pada hari Sabtu 9 Mei 2015, saya dipanggil oleh pihak Bitcom karena Bitcom berpandangan bahwa laptop saya pernah diservice atau dibongkar sebelumnya. Bitcom bisa mengatakan demikian karena melihat adanya kehilangan dua baut pada laptop saya. Waduh, aku kaget banget mendengar pernyataan Bitcom, kemudian saya datang ke Bitcom dan menjelaskan bahwa laptop saya tidak pernah dibongkar ataupun diservice, masalah kehilangan dua baut yang ada di bagian tempat baterai saya tidak tahu. Akhirnya pihak Bitcom seolah menerima pernyataan saya, meskipun faktanya saya benar-benar belum pernah membongkar atau menyervice lapto saya. Tetapi pihak Bitcom kembali menegaskan bahwa masalah laptop saya bisa diperbaiki atau tidak bukan urusan dan wewenang Bitcom, karena itu wewenang Service Center Hp yang ada di Surabaya. Ya sudah saya tinggal menunggu dan berdoa saja, yang penting saya sudah berusaha (pikirku). Bitcom menjelaskan bahwa pengerjaan dan perbaikan service laptop akan berlangsung maksimal 1 bulan dengan pengiriman dari Jember ke Surabaya membutuhkan waktu 3 hari.
            Kemudian setelah beberapa minggu menunggu pemberitahuan dari pihak Bitcom ternyata laptop saya sudah bisa diambil. Pada tanggal 25 Mei 2015, saya dikabari bahwa service-an laptop saya diambil dengan biaya ongkir 35 ribu. Kemudian saya ke Bitcom dan hasilnya memang mengecewakan bagi saya karena casing yang pecah dan engsel yang retak/rusak tidak diperbaiki tetapi fan laptop saya diganti dan saya merasakan perbedaannya di mana laptop saya lebih halus di fannya, tidak berisik. Meskipun saya kecewa, tetapi memang kalau cacat fisik tidak termasuk garansi dan sudah saya ketahui dari dulu. Di sini saya hanya mencoba dan berusaha saja, untuk memperbaiki laptop kesayangan saya.