Translate

Sunday, April 5, 2015

ISL Berganti Nama Menjadi QNB League

ISL (Indonesia Super League) berubah menjadi QNB (Qatar National Bnk) League

Jakarta - Nama Indonesia Super League (ISL) berubah jadi Qatar National Bank (QNB) League. Hal ini membuat PSSI dianggap sudah melanggar statutanya sendiri soal nama kompetisi.

Satu hari jelang kickoff ISL 2015, PT Liga Indonesia mengumumkan bahwa nama ISL yang menjadi branding kompetisi liga Indonesia, berganti nama menjadi QNB League. Nama tersebut akan diusung selama tiga musim dimulai dari musim ini, sesuai dengan durasi kontrak kerja sama dengan Qatar National Bank.
Pergantian nama ini sontak mengundang perhatian banyak pihak, termasuk Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang mana beberapa hari lalu memberi rekomendasi untuk liga bergulir hari ini, Sabtu (4/4).

"Ini kenapa FIFA tidak menyebut-nyebut masalah itu. Oke, kalau PT Liga atau PSSI ingin mencari sponsor sebanyak mungkin kami dukung 100 persen. Itu tidak perlu diragukan apalagi concern Bapak Menteri dengan anggaran terbatas kami dorong. Qatar juga banyak membiayai di Eropa atau dimana. Tetapi kalau benar yang dikatakan Bapak Joko Driyono (CEO PT Liga) kemarin bahwa ISL diganti QNB, itu lagi-lagi PSSI atau sebaliknya PT Liga membenturkan PSSI untuk melanggar statutanya sendiri," ujar Deputi V Bidang Harmonisasi Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, kepada Detiksport.

"Pergantian nama kan harus melalui kongres," lanjutnya.

"Mungkin jika itu branding sponsor tak masalah. Tapi kalau sampai menyebut nama kompetisinya adalah QNB, mengganti branding secara total, itu melanggar statuta PSSI sendiri."

"Jadi poinnya adalah jika ingin sportif atau taat pada regulasi jangan sampai kondisi yang panik (injury time) itu segala cara bisa dilakukan. Taruhlah misalnya polisi akan beri izin, karena yang tidak diizinkan PSSI adalah ISL dengan dua klub yang tidak lolos verifikasi. Ini harus clear dulu. Dalam hal ini PSSI juga sudah salah langkah," demikian dia.


Gaet Sponsor Anyar, ISL "Berubah" Nama Jadi QNB League
Jumat, 3 April 2015 | 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia Super League (ISL) menggaet Qatar National Bank Group sebagai sponsor anyar. Kesepakatan ini turut melahirkan nama baru untuk ISL, yaitu QNB League.

Nantinya, QNB Group mendapatkan hak sponsor eksklusif title partner atas Indonesia Super League hingga akhir musim 2017.

"Kami telah berada di Indonesia sejak 2011 dan peningkatan popularitas sepak bola di seluruh negeri akan menempatkan QNB League sebagai platform olahraga terbaik di Indonesia," kata Yousef Darwish selaku General Manager Group Communication dari QNB Group.

Kesepakatan ini turut disambut antusias oleh CEO PT Liga Joko Driyono. Menurut dia, ini adalah salah satu bukti Indonesia tengah mengikuti tren industri sepak bola dengan pasar global.

"Kami akan bekerja sama untuk membawa sepak bola Indonesia lebih baik dari segi kualitas kompetisi maupun penciptaan industri sepak bola," ujarnya.

Sekadar informasi, QNB Group merupakan salah satu sponsor dari klub raksasa Perancis, Paris Saint-Germain.

No comments:

Post a Comment