Translate

Sunday, April 5, 2015

Big Fresh

Big Cola Berubah Nama Menjadi Big Fresh
Minuman Big Cola berganti menjadi Big Fresh?
Minuman bersoda memang memiliki cukup banyak penggemar di dunia.Bahkan beberapa produk minuman bersoda asal Amerika Serikat seperti Coca-Cola dan Pepsi sangat mendunia, bahkan hampir di semua  di dunia bisa ditemukan produk tersebut.­ Munculnya minuman bersoda Big Cola menjadi salah satu pesaing kuat dari produk minuman bersoda Amerika Serikat tersebut, bahkan kepopuleran minuman bersoda dalam kemasan botol begitu menjamur di masyarakat Indonesia. Pada pelepasan minuman Big Cola, respon masyarakat Indonesia sangat baik, bahkan beberapa penggemar minuman bersoda seperti Coca-Cola beralih dan lebih memilih Big Cola. Strategi yang dilakukan oleh produsen asal Inggris itu memang cukup mudah, dengan melalui iklan, masyarakat langsung tergiur dengan kehadiran produk baru itu. Harganya yang murah dibandingkan dengan Coca-Cola juga menjadi faktor utama diterimanya produk asal Inggris tersebut. Kemasan dalam botol dengan volume yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan Coca-Cola menyebabkann tidak sedikit penggemar Coca-Cola untuk mencoba dan beralih ke Big Cola yang juga memiliki varian rasa seperti strawberry, cola, jeruk, lime, melon dan anggur.



Kesuksesan ini akhirnya membuat produsen Big Cola untuk menghilangkan kata “Cola” di belakang kata “Big” dan menggantinya dengan kata “Fresh”, sehingga munculah Big Fresh. Hal ini tentu tidak lepas dari penggunaan kata “Cola” yang diangap rancu, karena bisa saja menunjuk pada produk Coca-Cola. Bahkan tidak jarang yang menyatakan bahwa Big Cola itu sama dengan Coca-Cola, padahal jelas berbeda karena Big Cola buatan Inggris dan Coca-Cola buatan Amerika Serikat. Sehingga strategi untuk menciptakan nama produk sendiri dengan tidak menyertakan kata “Cola” bisa mendorong terciptanya label baru dan terangkatnya label tersebut. Embel-embel kata “Cola” jelas membuat kerancuan dalam menyebut merk Big Fresh karena akan merujuk pada prouduk Coca-Cola.
            Kemasan botol Big Fresh memang berbeda dengan Big Cola, bahkan lebih terlihat casual, dengan pola gambar dan tampilan yang menarik dan benar-benar “fresh”. Selain pola gambar varian rasa buahnya juga terlihat menarik dan menggunakan warna-warna yang cerah sehingga menarik konsumen. Berbeda dengan Big Cola yang memiliki harga sangat murah di mana harganya sekitar 3000an, bahkan dijumpai di beberapa swalayan hanya berkisar 2800an. Dengan memanfaatkan tingginya minat konsmunen pada Big Cola, Big Fresh dipatok dengan harga sekitar 4000an (kalau ada promo ya sekitar 3500an). Harga ini sebenarnya setara dengan pesaing utamanya yaitu Coca-Cola yang dikemasannya memiliki harga 3950an.

No comments:

Post a Comment