Translate

Tuesday, December 20, 2016

Jajanan Kampus Universitas Jember (UNEJ)

Jajanan yang Sering Ditemui di Kampus Unej

Kampus Universitas Jember (Unej) merupakan salah satu kampus yang berlokasi hampir di ujung timur pulau Jawa. Sesuai dengan namanya kampus ini terletak di Jember, Jawa Timur. Bagi orang yang menjadi bagian dari kampus yang terakreditasi A ini, pasti kenal dengan jajanan-jajanan berikut ini.

1. Roti Goreng


Roti Goreng yang ada di kampus Unej memiliki rasa sama halnya roti goreng pada umumnya yaitu rasa yang manis dan sedikit legit. Memiliki ukuran seperti cakwe, roti goreng ini berharga Rp 500,- per buahnya. Penjual Roti Goreng biasanya mangkal di sekitar kampus Unej mulai dari Jalan Kalimantan, Jalan Jawa hingga Jalan Mastrip. Sebelum ada larangan mengenai jualan di dalam lingkungan Universitas Jember, penjual roti goreng biasanya mangkal dan berkeliling di dalam kampus Unej. Namun, untuk saat ini mereka sudah tidak berjualan di dalam kampus Unej tetapi masih bisa ditemui di sekitar kampus Unej (seperti yang disebutkan di atas). Penjual Roti Goreng ini menggunakan becak yang sudah dimodifikasi yang mana bagian depan telah diberi tambahan tempat yang berbentuk balok dengan berbahan kaca dalam setiap menjajakan jualannya. Para penjual roti goreng memproduksi dagangannya di waktu shubuh. Setelah memproduksi roti goreng, mereka biasanya langsung menjajakan dagangannya. Biasanya penjual roti goreng ini menggunakan klakson pencet/bel pencet (yang bunyinya toleet...toleet....). Untuk tempat produksinya sendiri bertempat di Jalan Jawa 7 (timur kampus Unej). Salah satu lokasi yang paling mudah untuk menemui penjual roti goreng ini yaitu di Double Way Unej. 

2. Cilok

https://popcash.net/home/56215

Meski cilok bukan makanan asli dari Jember, namun makanan yang terbuat dari aci (tapioka/tepung singkong) ini telah menjamur di wilayah Jember termasuk di antaranya adalah kawasan kampus Unej. Sehingga ketika berkunjung ke kawasan kampus Unej, dengan mudahnya Anda bisa temukan penjual cilok ini. Nah, cilok yang sering dijual di kampus Unej tidak hanya berupa pentol saja tetapi juga ada pentol goreng dan tahu (dalamnya diisi aci). Penjual cilok juga menyediakan beberapa sambal seperti sambal kacang, saos, sambal pedas dan kecap. Selain itu, tidak hanya disajikan dengan bungkus plastik, beberapa penjual cilok juga menyajikannya dengan mangkok. Hal ini memudahkan bagi penikmat cilok yang menginginkan untuk menikmati cilok  di tempat. 

Brand cilok yang terkenal di kampus Unej seperti Cilok Edy dan Cilok Rahmat. Pada dasarnya kedua brand tersebut memiliki kualitas cilok yang sama sehingga tidak perlu khawatir untuk memilih cilok mana yang harus dibeli. Untuk Penjual Cilok Rahmat biasanya mangkal di depan Gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) sedangkan Cilok Edy ada yang mangkal di depan Gedung DPRD Jember dan terkadang ada yang di depan Double Way.Untuk harga ciloknya, para pembeli terserah mau beli berapa. 

https://popcash.net/register/56215


3. Keripik Singkong

https://popcash.net/register/56215Keripik singkong menjadi makanan ringan yang murah meriah dan banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali di kampus Unej. Hampir di setiap jalan yang mengelilingi kampus Unej ini, pasti ditemukan penjual keripik singkong bersama gerobaknya. Mereka menjual keripik singkong dengan beberapa rasa seperti asin, manis dan pedas. Selain itu, biasanya mereka juga menjual keripik lainnya seperti keripik kentang dan keripik talas di gerobaknya. Untuk harga keripik singkong dan keripik kentang sebesar Rp 3000,- tiap onsnya. Sedangkan untuk keripik talas sebesar Rp 4000,- per onsnya. Bagi penulis sendiri, keripik singkong yang paling enak itu yang biasanya menjual dagangannya di depan toko Rindang (jalan kalimantan) dan depan gerbang ekonomi (jalan jawa). Namun, jika ingin mendapatkan keripik singkong yang lebih banyak, Anda bisa membeli di penjual keripik singkong samping Indomaret Jalan Jawa. Dengan harga yang sama dengan keripik singkong lainnya, penjual keripik singkong samping Indomaret tersebut akan memberikan keripik singkong yang jauh lebih banyak. Biasanya para penjual keripik singong berjualan ketika sore hingga malam hari.


4. Es Doger

https://popcash.net/home/56215https://popcash.net/register/56215Es Doger merupakan hidangan minuman yang berasal dari Cirebon, namun sering ditemui di kota-kota besar Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Malang dan Surabaya. Es Doger yang biasanya dibuat dari kelapa, pacar cina, cincau hitam, tapai, ketan hitam, alpukat, susu dan sirup ini juga mudah ditemui di kawasan kampus Unej. Es Doger yang biasanya ditemui di kampus Unej ini biasanya bertuliskan angka 88 di gerobaknya. Dengan harga Rp 4000,-, Anda bisa menikmati kenikmatan es doger 88. Es Doger 88 disajikan dengan wadah cup plastik berukuran sedang.


5. Gorengan

https://popcash.net/register/56215

Sudah bukan rahasia jika gorengan merupakan makanan ringan yang populer di Indonesia. Gorengan sendiri merupakan berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian di goreng di dalam minyak goreng. Di sekitar kampus Unej dengan mudah bisa ditemukan para penjual gorengan baik yang menggunakan gerobak, pikulan atau yang menetap di warung-warung. Berbagai macam gorengan seperti tempe goreng, pisang goreng, tahu isi, bakwan (bala-bala, hongkong), tapai goreng, ubi goreng, singkong goreng dan lain-lain bisa ditjumpai di pinggir-pinggir jalan sekitar kampus Unej.


Silakan ditambahi di kolom komentar jika masih kurang

No comments:

Post a Comment