Translate

Friday, March 13, 2015

Penyebab Bau Mulut dan Cara Menngatasi Bau Mulut


Penyebab Bau Mulut dan Cara Menngatasi Bau Mulut
Bau mulut mungkin bagi sebagian besar orang merupakan suatu hal yang sangat menyebalkan apalagi kalau orang tersebut sangat aktif berbicara. Tidak jarang orang yang mengidap bau mulut menjaga jarak ketika sedang berbicara atau ngobrol sama orang lain. Selain itu juga sering melihat orang yang menutup mulutnya karena bau mulut. Sehingga bau mulut sangat mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang.
Penyebab bau mulut memang cukup beragam, beberapa diantaranya disebabkan oleh: konsumsi makanan yang menimbulkan efek bau mulut seperti makanan yang berbau menyenat misalnya petai (pete), jengkol, durian atau bahkan ikan yang berbau amis sekali. Hal ini akan bedampak pada aroma mulut yang mengikuti pola makanan yang dikonsumsinya, tetapi kecenderungan bisa diakali dengan menggosok gigi habis mengkonsumsinya.  Selanjutnya karena kondisi alami seperti bangun tidur, pasti kebanyakan orang akan mengalami bau mulut. Tetapi bisa dinetralisir dengan menggosok gigi. 

Jarang menggosok gigi juga bisa menimbulkan bau mulut, jelaslah sisa-sia makanan yang menempel di gigi kalau tidak dibersihkan akan menimbulkan bau mulut. Bau mulut juga bisa disebabkan oleh adanya sisa pencernaan yang menumpuk di dalam tubuh. Sisa pencernaan bisa dikatakan kotoran guys, jadi penting memakan makanan yang berserat seperti buah dan sayur agar pencernaannya lancar dan sehat. Dengan mengkonsumsi serat yang cukup maka kotoran akan terbuang di dalam tubuh dan bisa mengurangi aroma yang tak sedap di dalam tubuh yang bisa keluar melalui mulut. Penting diketahui juga, kalau bau mulut juga bisa disebabkan oleh kondisi penyakit di dalam tubuh manusia, misalnya penyakit ginjal guys. Ginjal yang berfungsi sebagai filter (penyaring) apabila terjadi kerusakan maka akan menganggu fungsinya tersebut. Urine yang keluar dari tubuh manusia juga diproses dalam ginjal, kita ketahui urine itu cenderung berbau pesing. Jadi apabila terjadi kerusakan pada ginjal bisa menimbulkan bau aroma yang tidak sedap juga guys yang muncul di dalam tubuh manusia kemudian menyebar dan keluar melalui mulut.  Oh ya, penggunaan obat kumur juga terkadang bisa menimbulkan bau mulut sob. Obat kumur cenderung mengakibatkan kondisi mulut jadi kering pasca menggunakannya, dan ini justru menimbulkan bau mulut. Apalagi kandungan alkohol yang cukup tinggi di obat kumur kan tidak baik juga untuk kesehatan.
            Orang yang berpuasa juga cenderung akan mengalami bau mulut, hal ini disebabkan karena selama berpuasa tidak ada sesuatu yang dikunyah dan dimakan dalam mulut, tentu ini akan menimbulkan bau mulut. Tetapi jangan khawatir, Tuhan itu Maha Adil, apabila kita mengalami bau mulut saat puasa, insyaallah kelak di akhirat nanti mulut kita akan beraroma bunga kasturi. Jadi rajinlah melaksanakan puasa wajib dan sunah karena Allah Ta’ala, meskipun bau mulut, tapi tetap jalani puasa ya sob karena hal ini bisa dikurangi dengan menggosok gigi pasca sahur dan sebelum tidur sob.

No comments:

Post a Comment