Translate

Wednesday, November 2, 2016

Final Duta Kampus 2 Universitas Jember


Grand Final Duta Kampus Universitas Jember

Final Pemilihan Duta Kampus Universitas Jember kembali digelar pada 1 November 2016 bertempat di Gedung Soetardjo, Universitas Jember. Ajang pemilihan Duta Kampus ini memasuki periode kedua setelah pada periode pertama yang berlangsung pada tahun 2014 berhasil meobatkan Vandi Purbantoro (FKIP) dan Annisa Zahra (Faperta). Pada Pemilihan Duta Kampus Universitas Jember tahun 2016 ini terpilih sebagai Duta Kampus yaitu Calista Putri Shavira, mahasiswi dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Teddy Bramantya, mahasiswa Fakultas Hukum (FH), Universitas Jember. Calista dan Teddy berhasil memperoleh nilai tertinggi dari lima orang juri, termasuk diantaranya adalah juri kehormatan yang terdiri dari Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, Wakil Rektor I, Zulfikar dan Ibu Rektor Universitas Jember. Oleh karena keberhasilan Calista dan Teddy menjadi juara pertama di Malam Grand Final Pemilihan Duta Kampus Universitas Jember tersebut maka mereka berdua menggantikan Annisa Zahra (Fakultas Pertanian) dan Vandi Purbantoro (FKIP) yang telah melaksanakan tugas sebagai pasangan Duta Kampus Universitas Jember semenjak tahun 2014.

Berikut cuplikan berita dari website resmi Universitas Jember, http://unej.ac.id
Ditemui seusai acara, Calista tidak dapat menyembunyikan rasa haru dan bahagianya, pasalnya mahasiswi jurusan Sastra Inggris tahun 2015 ini tidak menyangka bakal menjadi Duta Kampus 2016. “Ini kali pertama saya ikut dalam kegiatan seperti ini, itu pun atas saran Mama, nggak nyangka jika saya yang terpilih, alhamdulillah,” ujar Calista di tengah-tengah para pendukungnya. Calista sendiri sebenarnya menjagokan wakil FISIP sebagai Duta Kampus karena dinilai lebih berpengalaman dan menguasai materi lebih baik dari dia.
Calista sendiri sudah menyiapkan program sebagai seorang Duta Kampus, salah satunya adalah mempromosikan kampus Tegalboto ke luar negeri melalui jaringan yang dimilikinya. “Saya akan mempromosikan Universitas Jember kepada kawan-kawan di luar negeri, agar mereka tahu seperti apa Universitas Jember itu,” kata penyuka jurnalistik yang aktif di English Departement Student Association (EDSA), Association of Youth Preventing English Illiteracy, dan juga Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris. Senada dengan Calista, Teddy yang terpilih sebagai mahasiswa Duta Kampus Universitas Jember juga sempat tidak percaya saat selempang bertuliskan Duta Kampus disampirkan di bahunya. Mahasiswa asal Banyuwangi ini bersyukur mendapatkan amanah yang akan diembannya hingga dua tahun ke depan. “Saya ingin lebih banyak orang yang mengenal kampus Tegalboto. Selama ini masih ada yang bertanya apa dan bagaimana Universitas Jember itu? Padahal prestasi kita sudah mendunia,” tutur Teddy yang juga suka bernyanyi ini.
https://popcash.net/home/56215
Sedikit berbeda dengan Calista, Teddy ternyata telah memiliki pengalaman di berbagai ajang kegiatan pemilihan seperti Duta Kampus. Di tahun 2012 semasa duduk di bangku SMA, Teddy terpilih sebagai Putra Putri SMAN 1 Giri Banyuwangi, sedangkan di ajang Jebeng-Thulik Banyuwangi tahun 2014 lalu, Teddy memperoleh predikat Thulik Persahabatan. “Selama mengikuti proses pemilihan Duta Kampus, saya banyak mendapatkan pengalaman dan pelajaran yang sangat bermanfaat,” urai Juara Harapan II Bintang Hemaviton se-Tapal Kuda ini.
Sebelumnya, dalam laporannya, Agung Purwanto selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan bahwa Pemilihan Duta Kampus dimulai semenjak bulan Juli, dimulai dengan proses pendaftaran yang dilanjutkan dengan seleksi administrasi, tes tulis, dan tes wawancara. Para peserta berjumlah 40 mahasiswa dan 42 mahasiswi, yang kemudian diseleksi hingga tersisa 10 pasang. “Sebelum tampil di Grand Final, mereka digembleng melalui pendalaman materi dan kunjungan ke beberapa lembaga seperti RTMC Polda Jatim, JTV dan Pusat Pelatihan Safety Riding Honda MPM Motor,” kata Agung yang juga Kepala Humas dan Protokol ini.
Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember bangga atas kiprah seluruh finalis Duta Kampus Universitas Jember 2016. Mereka diharapkan bakal menjadi duta kampus Tegalboto yang membawa nama baik Universitas Jember dalam berbagai kesempatan dan kegiatan. “Selama dua tahun ini, saya merasakan bagaimana Duta Kampus 2014 memberikan kontribusi yang signifikan bagi lembaga,” jelas Moh. Hasan. Para finalis Duta Kampus akan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan di Universitas Jember, termasuk melakukan promosi di luar negeri.

Berikut Para Pemenang Duta Kampus Universitas Jember 2016 ;

Juara Favorit : Frenza Fairuz (FKIP) & Fiqih Zahra (FKIP)
https://popcash.net/register/56215

Juara III : Frenza Fairuz (FKIP) & Zahra Amalia Achsani (Fakultas Teknik)
https://popcash.net/home/56215
 
Juara II : Nuris Fatahillah (FKIP) & Bunga Rafillia Salsabila (FISIP)
https://popcash.net/home/56215
 
Juara I : Teddy Bramantya (Fakultas Hukum) & Calista Putri Shavira (Fakultas Ilmu Budaya)
https://popcash.net/home/56215

Juara I, masing-masing mendapatkan uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah, sementara juara II dan III mendapatkan uang pembinaan sebesar 2,5 juta rupiah dan 2 juta rupiah. 

Berikut adalahh video Grand Final Pemilihan Duta Kampus 2 Universitas Jember

 


No comments:

Post a Comment