Translate

Monday, March 2, 2015

Tips Mengkonsumsi Mie Instant



Tips Mengkonsumsi dan Masak Mie Instan

Mie Instan seolah-olah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia, apalagi kalau di saat kondisi keuangan yang sedang kritis atau cekak. Begitu populernya mie instan ini, menempatkan Indonesia sebagai salah satu produsen dan konsumen mie instan terbesar setelah negeri Tirai Bambu. Tiongkok sendiri merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia sehingga konsumsi akan mie instan juga begitu tinggi. Di Indonesia sendiri produksi mie instan cukup pesat beberapa pabrik yang cukup sukses memasarkan produk ini hingga dunia internasional seperti PT Indofood, Wingsfood, dan ABC.
Mie instan memang memiliki keunggulan praktis dalam penyajiannya, sehingga tidak menyita waktu yang lama untuk menikmati produk ini. Tapi perlu diketahui kebanyakan produk mie instan juga di dalamnya mengandung beberapa zat pewarna, pengawet dan MSG yang jika dikonsumsi dalam kadar tertentu dan berlebihan bisa memicu penyakit seperti kanker. Tidak hanya lapisan lilin juga terkadang digunakan untuk melapisi mie ini. Tentu sangat berbahaya bagi tubuh kita. Namun ada beberapa tips untuk meminimalisir risiko terserang penyakit yang timbul akibat konsumsi mie. Berikut Tips dalam Mengkonsumsi Mie.
1.      Masak mie instan dengan air yang benar-benar mendidih
2.      Buang air rebusan mie setelah memasak mie dan ganti air kuahnya dengan air mendidih lainnya bukan air rebusan mie.
3.      Dalam memilih mie, cermati kandungan dan kompisisi mie. Lihat kadar natrium, bahan pengawet, pewarna dan MSG atau bahkan lemaknya.
4.      Lihat kalori produk mie instan tersebut. Meskipun biasanya kalorinya tinggi dan hampir memenuhi Angka Kecukupan Gizi (AKG), akan tetapi perlu dicermati bahwa kalori tersebut sebenarnya bisa didapatkan dari makanan-makanan lainnya lebih sehat, seperti buah-buahan dan sayuran. Sehingga secara tidak sadar anda bisa melebihi kalori yang dianjurkan yaitu 2000 kkal untuk orang dewasa.
5.     Perbanyak minum air, minimal 8 gelas per hari. Jangan terlalu sering konsumsi mie instant, sesekali sih boleh.


 

No comments:

Post a Comment