Translate

Monday, March 2, 2015

Sambal Bumbu Kacang



Sambal Kacang


Bumbu kacang, saus kacang, kuah kacang (jika encer), sambal kacang (jika ditambahi cabai hingga pedas), atau bumbu pecel adalah semacam saus berbumbu berbahan kacang tanah goreng yang digiling dan dihaluskan. Bumbu ini banyak digunakan dalam seni memasak masakan Indonesia, masakan Malaysia, masakan Thailand, masakan Vietnam, masakan Tionghoa, juga beberapa negara Afrika. Juga dikenal secara terbatas di Eropa, terutama masakan Belanda dan Timur Tengah.


Sambal bumbu kacang sesuai dengan namanya, sambal ini terbuat dari beberapa bahan yang bahan utamanya adalah kacang tanah. Oh ya kalau mau kacang tanah di warung dan pasar biasanya sudah ada yang sudah dikupas dari kulitnya nah biji kacang ini yang disebut dengan kacang wos oleh masyarakat di Jawa. Kacang wos ini merupakan kacang tanah yang sudah terkupas dari kulitnya dan tinggal biji kacang itu sendiri. Memang sebetulnya kacang wos ya kacang tanah juga, tetapi kalau mau beli kacang tanah buat sambal kacang ini di warung dan pasar ya bilangnya kacang wos. Nanti kalau bilang “bu, beli kacang tanah”, bisa-bisa diambilin kacang tanah yang mentah yang masih ada kulitnya. Bisa sih beli kacang tanah sama kulitnya, tapi kan harus ngupas kulitnya dulu. Mau ngupas kulitnya? Kalau ada yang sudah dikupas ngapain beli yang masih utuh?.
Lanjut ke sambal kacang sob.
Sambal kacang ini sudah melekat banget sama orang Indonesia, apalagi orang Jawa. Indonesia sendiri sudah sangat terkenal di dunia dalam hal persambalan. Banyakmacam dan jenisnya, bisa dikatakan sih Indonesia itu gudangnya sambal. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sambal khas dari daerahnya. Salah satunya sambal kacang ini, rasanya yang gurih dan pedas (semua sambal ada sensasi pedasnya kali) serta ada sensasi dari kacangnya itu sendiri.
Sambal kacang sendiri juga sering menjadi bahan utama dan pelengkap dalam setiap makanan khas Indonesia. Mulai dari pecel, gado-gado, lothek, ketoprak, tahu gejrot, siomay, hingga salah satu makanan terenak di dunia yaitu sate menggunakan sambal kacang ini sob. Semua masakan tersebut kagak bakalan enak kalau tidak pakai sambal kacang.
Kalau resep dan bahan-bahan sambal kacang tanah sendiri saya kurang tahu sob, tapi yang jelas sambal kacang buatan ibuku dijamin uenak tenan. Kalau ingin tahu resep pembuatan sambal kacang, ini nih. Dijamin maknyus.


No comments:

Post a Comment