Apa itu IPRA?
Sejarah
IPRA
IPRA
atau International Public Relations Association, secara resmi didirikan di
London pada 1 Mei 1955, dengan penerapan konstitusi dan penunjukan Dewan IPRA
pertama. IPRA merupakan forum internasional praktisi PR di seluruh dunia. IPRA
terlibat dalam mempromosikan pertukaran informasi dan kerjasama di setiap
sektor profesi dan membangun peluang bagi pengembangan profesional.
IPRA
dijalankan oleh Dewan Direksi yang dipilih oleh Dewan IPRA yaitu para anggota
dari Negara-negara yang berbeda. Dewan ini dipimpin oleh seorang Presiden yang
juga dipilih oleh Dewan IPRA dan beroperasi dalam satu set Anggaran Rumah
Tangga disepakati oleh Dewan.
Keanggotaan IPRA
Dalam
hal benefit yang didapat, IPRA memberikan manfaat bagi para praktisi PR dan
komunikasi profesional dalam tiga cara: profesional, keuangan, dan intelektual.
Sedangkan untuk biaya, biasanya tiap anggota dikenakan iuran tahunan sebesar £
200.
IPRA
menyediakan kesempatan jaringan internasional melalui:
·
Konferensi Global IPRA dan pertemuan regional
·
Direktori tahunan anggota IPRA yang juga tersedia di situs web pribadi
·
Sistem rujukan IPRA
·
Kontak atau hubungan dengan PR pendidik
·
Sertifikat keanggotaan
·
Hak untuk menggunakan inisial MIPRA setelah nama Anda yang menunjukkan Anda
adalah anggota
·
On-line portal ke sumber daya PR global
Program
dari IPRA
Program
yang diadakan oleh IPRA, antara lain:
1.
Campaign For Media Transparency
Atau
Kampanye Untuk Media Transparansi. Pada tahun 2001 IPRA meluncurkan kampanye
untuk mengurangi insiden dan praktik illegal yang terkadang tidak etis dalam
hubungan antara PR dan media.
The
Media Transparency Charter (Piagam Media Transparansi) terinspirasi oleh kampanye
yang menetapkan standar perilaku etis internasional yang sekarang telah
diadopsi oleh praktisi PR di lebih dari 100 negara, oleh lebih dari 50 asosiasi
PR nasional dan internasional, oleh lebih dari 850 konsultan PR, oleh sekitar
250 ribu praktisi di seluruh dunia.
2.
Golden World Awards for Excellence in Public Relations
Golden
World Awards for Excellence in Public Relations dimulai pada tahun 1991.
Diulang tahun ke 17 IPRA Golden World Awards (Gwa) setiap tahunnya memberi
penghargaan bagi yang terbaik dalam pekerjaan Hubungan Masyarakat dari seluruh
dunia. Penghargaan ini diselenggarakan dalam serangkaian kategori meliputi the
full gamut of public relations activities dan setelah dua putaran dilihat dari
para ahli dari berbagai negara dan dipilih pemenang untuk setiap kategori.
No comments:
Post a Comment