Translate

Saturday, January 31, 2015

Biaya Iklan di Televisi : Serba-Serbi Iklan

Biaya Iklan di Televisi
Iklan memang penting dalam ajang promosi sebuah produk. Iklan di televisi dianggap menjadi strategi yang sangat jitu untuk mempromosikan produk barang atau jasa. Hal ini dikarenakan televisi memiliki banyak penggemar dan penonton, bahkan hampir setiap hari kita menonton acara di televisi,  tidak hanya itu data menunjukan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia dengan penduduk lebih dari 200 juta memiliki televisi di setiap rumahnya. Itulah mengapa televisi menjadi media penting dibandingkan media elektronik lainnya atau media cetak. Berikut harga list iklan di televisi
Nih harganya, versi April 2012
* Jam 00.00-05.00, biayanya sekitar Rp5.000.000,00 –
Rp7.000.000,00 per 30 detik
* Jam 05.00-08.00, biayanya sekitar Rp7.000.000,00 –
Rp9.500.000,00 per 30 detik
* Jam 08.00-12.00, biayanya sekitar Rp6.000.000,00 –
Rp8.000.000,00 per 30 detik.
* Jam 12.00-13.00, biayanya sekitar Rp7.000.000,00 –
Rp9.500.000,00 per 30 detik.
* Jam 13.00-17.00, biayanya sekitar Rp6.000.000,00 -
Rp8.000.000,00 per 30 detik.
* Jam 17.00-21.00, biayanya sekitar Rp12.000.000,00 –
Rp14.000.000,00 per 30 detik.
* Jam 21.00-00.00, biayanya sekitar Rp7.000.000,00 –
Rp9.500.000,00 per 30 detik

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Sebuah Iklan
Durasi iklan juga sangat diperhitungakan dalam biaya iklan itu sendiri, sehingga semakin panjang durasi iklan semakin mahal biaya yang dikeluarkan untuk produksi iklan itu sendiri. Tidak hanya itu biasanya iklan akan menarik jika terdapat pemeran atau tokoh yang mendukung iklan tersebut atau biasa disebut dengan bintang iklan. Tentu memakai tokoh yang terkenal akan menarik minat penonton. Sehingga tidak ada salahnya jika menggunakan tokoh terkenal untuk menarik perhatian pemeirsa. Selain itu iklan yang simple tidak bertele-tele juga lebih mudah diingat oleh pemirsa, karena pemirsa membutuhkan info yang sederhana tetapi jelas, sehingga tidak membingungkan khalayak umum. Bahasa dan kata-kata yang menarik juga perlu diperhatikan. Dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan menarik oleh khalayak umum menjadi nilai tersendiri untuk menopang iklan di televisi. Tampilan iklan yang unik bisa menjadi nilai tambah sebuah iklan, dengan adanya hal-hal yang unik dalam iklan juga akan mudah diingat. Salah satu hal penting lainnya yaitu waktu penayangan iklan. Pada saat Prime Time atau Waktu Utama tentu biaya iklan akan lebih mahal dibandingkan dengan jam atau waktu tayang biasa. Pihak pertelevisian tentu akan mengenakan biaya yang lebih mahal ketika memasuki Prime Time seperti pada jam-jam sekitar pukul 18.00 sampai 21.00 dibandingkan dengan jam tayang lainnya. Hal ini jelas dikarenakan bahwa mayoritas pemirsa televisi menghabiskan waktu untuk menonton televisi pada jam-jam tersebut.

Serba-Serbi Iklan
            Jelas disebutkan di atas iklan di televisi  memiliki peranan penting dalam mempromosikan sebuah produk. Nah kali ini saya akan membahas tentang berbagai fenomena tentang iklan.
1.      Orang yang termakan iklan
Istilah ini ditujukan bagi orang yang benar-benar terpengaruh terhadap sebuah iklan, diawali dengan upaya mereka untuk mendapatkan produk terus berlanjut pada ambisi untuk menjadi atau mendapatkan hasil yang sama persis terhadap apa yang terjadi di dalam iklan yang ditayangkan tersebut.
2.      Iklan tidak sama dengan kenyataan atau fakta
Sudah bukan rahasia lagi kalau kalimat tersebut sering muncul dan terucap dari mulut kebanyakan orang. Iklan memang berupaya memberikan gambaran yang positif terhadap suatu produk sehingga tidak jarang iklan melebih-lebihkan produk tersebut. Iklan yang baik memang harus memberikan penjelasan terhadap produk tersebut dan sebaiknya tidak memanipulasinya. Sudah bisa dilihat sendiri kan iklan-iklan di Indonesia, mulai dari iklan susu peninggi badan, susu penggemuk badan, susu pengurus/diet dan sebagainya, nilai sendiri dah. Oh ya saya akan memberikan contohnya yang jelas tidak sesuai dengan kenyataan. Masih ingat dengan iklan suplemen penguat tulang, yang iklannya begini sob. Ada gajah yang berlari mengejar segerombolan orang di mana terdapat parit yang cukup lebar dan jembatannya sudah rusak, terus orang yang minum suplemen ini secara otomatis merebahkan tubuhnya di mana tubuhnya lurus berbentuk vertikal dan berposisi menjadi jembatan untuk dilalui oleh segerombolan orang yang dikejar gajah. Diperlihatkan juga dalam iklan tersebut bagaimana tubuh itu diinjak-injak oleh orang-orang. Yang intinya sih, suplemen itu bisa menguatkan tulang sob. Nah pas saya coba tuh suplemen tersebut, dan saya berposisi menjadi jembatan belum beberapa detik saja tubuh saya langsung mleyot apalagi dilalui dan diinjak-injak orang?
Eh ada satu lagi nih contohnya, iklan tentang shampoo mau anti ketombe, buat lurus, berkilau atau lebat. Tapi ketika dipakai biasa saja tuh, kagak jadi lurus

3.      Iklan yang ditayangkan tergantung pada acara dan jam tertentu
Nah mungkin bagi kebanyakan orang dianggap sebagai pengganggu saja, apalagi kalau acaranya yang sedang ditonton sangat seru, menarik atau bahakn sedang dalam keadaan yang menegangkan. Apalagi kalau kebanyakan iklan, tambah mangkel rasane mbok. Tetapi kali ini saya tidak akan membahas tentang hal tersebut sob, saya akan membahas tentang iklan yang ditayangkan pada jeda sebuah acara. Kalau diperhatikan dengan seksama sob, saat acara program anak-anak terutama kartun, iklan yang muncul juga berhubungan dengan anak-anak juga seperti produk camilan layaknya makanan. Ini sering dijumpai pada pagi hari jam apalagi kalau hari libur. Kalau acara gossip atau infotainment, iklan yang muncul tentunya berkaitan dengan ibu-ibu atau kaum hawa. Nah kalau jam-jam malam yang biasanya sih menayangkan acara televisi untuk orang dewasa yang muncul tentu berhubungan dengan orang dewasa sob seperti iklan rokok, iklan kondom. Aneh kan kalau malam-malam jam 12an muncul iklan nyonyot dikenyot nyot..nyonyot dikenyot nyot.
4.      Iklan berhadiah
Masih ingat sob, iklan tentang registrasi dengan cara sms lewat hp, yang ketik REG spasi bla.bla.bla…kirim ke hatimu saja deh. Itu semua scam dan bohong sob, faktanya data pemenangnya tidak jelas, nah selain itu kalau ditelepon secara langsung mungkin itu semua disetting sama pihak iklannya. Jadi tidak ada gunanya, lagian pulsa berkurang juga bisa juga tersedot loh tiap harinya. Hadiahnya sih keren ada hp mBelekBerry, Mobil Motor dan lain-lain, tapi kita tidak tahu siapa pemenangnya, mungkin kalau diusut juga tidak bakalan ketemu tuh pemenangnya. Masih banyak iklan REG lainnya seperti REG spasi JODOH dan lain-lain, itu semua juga bohong kali.

5.      Iklan aneh
Iklan mobil nyangkut di atap, mobil jatuh di laut
Masih ingat iklan tentang jatuhnya mobil dari langit ke atap rumah dan  laut yang bahkan diberitakan layaknya sebuah program berita sungguhan?
Itu juga iklan yang aneh banget sob, sejak kapan langit memproduksi mobil. Di langit memang ada pabrik mobil kah, kok sampai ada mobil jatuh kea tap rumah.


No comments:

Post a Comment