Biaya
Iklan di Televisi
Iklan
memang penting dalam ajang promosi sebuah produk. Iklan di televisi dianggap
menjadi strategi yang sangat jitu untuk mempromosikan produk barang atau jasa.
Hal ini dikarenakan televisi memiliki banyak penggemar dan penonton, bahkan
hampir setiap hari kita menonton acara di televisi, tidak hanya itu data menunjukan bahwa
mayoritas masyarakat Indonesia dengan penduduk lebih dari 200 juta memiliki
televisi di setiap rumahnya. Itulah mengapa televisi menjadi media penting
dibandingkan media elektronik lainnya atau media cetak. Berikut harga list
iklan di televisi
Nih harganya, versi April 2012
* Jam 00.00-05.00, biayanya
sekitar Rp5.000.000,00 –
Rp7.000.000,00 per 30 detik
Rp7.000.000,00 per 30 detik
* Jam 05.00-08.00, biayanya
sekitar Rp7.000.000,00 –
Rp9.500.000,00 per 30 detik
Rp9.500.000,00 per 30 detik
* Jam 08.00-12.00, biayanya
sekitar Rp6.000.000,00 –
Rp8.000.000,00 per 30 detik.
Rp8.000.000,00 per 30 detik.
* Jam 12.00-13.00, biayanya
sekitar Rp7.000.000,00 –
Rp9.500.000,00 per 30 detik.
Rp9.500.000,00 per 30 detik.
* Jam 13.00-17.00, biayanya
sekitar Rp6.000.000,00 -
Rp8.000.000,00 per 30 detik.
Rp8.000.000,00 per 30 detik.
* Jam 17.00-21.00, biayanya
sekitar Rp12.000.000,00 –
Rp14.000.000,00 per 30 detik.
Rp14.000.000,00 per 30 detik.
* Jam 21.00-00.00, biayanya
sekitar Rp7.000.000,00 –
Rp9.500.000,00 per 30 detik
Rp9.500.000,00 per 30 detik
Hal-Hal
yang Perlu Diperhatikan dalam Sebuah Iklan
Durasi
iklan juga sangat diperhitungakan dalam biaya iklan itu sendiri, sehingga
semakin panjang durasi iklan semakin mahal biaya yang dikeluarkan untuk
produksi iklan itu sendiri. Tidak hanya itu biasanya iklan akan menarik jika
terdapat pemeran atau tokoh yang mendukung iklan tersebut atau biasa disebut
dengan bintang iklan. Tentu memakai tokoh yang terkenal akan menarik minat
penonton. Sehingga tidak ada salahnya jika menggunakan tokoh terkenal untuk
menarik perhatian pemeirsa. Selain itu iklan yang simple tidak bertele-tele
juga lebih mudah diingat oleh pemirsa, karena pemirsa membutuhkan info yang
sederhana tetapi jelas, sehingga tidak membingungkan khalayak umum. Bahasa dan
kata-kata yang menarik juga perlu diperhatikan. Dengan menggunakan bahasa yang
mudah dimengerti dan menarik oleh khalayak umum menjadi nilai tersendiri untuk
menopang iklan di televisi. Tampilan iklan yang unik bisa menjadi nilai tambah
sebuah iklan, dengan adanya hal-hal yang unik dalam iklan juga akan mudah
diingat. Salah satu hal penting lainnya yaitu waktu penayangan iklan. Pada saat
Prime Time atau Waktu Utama tentu biaya iklan akan lebih mahal dibandingkan
dengan jam atau waktu tayang biasa. Pihak pertelevisian tentu akan mengenakan
biaya yang lebih mahal ketika memasuki Prime Time seperti pada jam-jam sekitar
pukul 18.00 sampai 21.00 dibandingkan dengan jam tayang lainnya. Hal ini jelas
dikarenakan bahwa mayoritas pemirsa televisi menghabiskan waktu untuk menonton
televisi pada jam-jam tersebut.
Serba-Serbi
Iklan
Jelas disebutkan
di atas iklan di televisi memiliki
peranan penting dalam mempromosikan sebuah produk. Nah kali ini saya akan
membahas tentang berbagai fenomena tentang iklan.
1.
Orang
yang termakan iklan
Istilah
ini ditujukan bagi orang yang benar-benar terpengaruh terhadap sebuah iklan,
diawali dengan upaya mereka untuk mendapatkan produk terus berlanjut pada
ambisi untuk menjadi atau mendapatkan hasil yang sama persis terhadap apa yang
terjadi di dalam iklan yang ditayangkan tersebut.
2.
Iklan
tidak sama dengan kenyataan atau fakta
Sudah bukan
rahasia lagi kalau kalimat tersebut sering muncul dan terucap dari mulut
kebanyakan orang. Iklan memang berupaya memberikan gambaran yang positif
terhadap suatu produk sehingga tidak jarang iklan melebih-lebihkan produk
tersebut. Iklan yang baik memang harus memberikan penjelasan terhadap produk
tersebut dan sebaiknya tidak memanipulasinya. Sudah bisa dilihat sendiri kan
iklan-iklan di Indonesia, mulai dari iklan susu peninggi badan, susu penggemuk
badan, susu pengurus/diet dan sebagainya, nilai sendiri dah. Oh ya saya akan
memberikan contohnya yang jelas tidak sesuai dengan kenyataan. Masih ingat
dengan iklan suplemen penguat tulang, yang iklannya begini sob. Ada gajah yang
berlari mengejar segerombolan orang di mana terdapat parit yang cukup lebar dan
jembatannya sudah rusak, terus orang yang minum suplemen ini secara otomatis
merebahkan tubuhnya di mana tubuhnya lurus berbentuk vertikal dan berposisi
menjadi jembatan untuk dilalui oleh segerombolan orang yang dikejar gajah.
Diperlihatkan juga dalam iklan tersebut bagaimana tubuh itu diinjak-injak oleh
orang-orang. Yang intinya sih, suplemen itu bisa menguatkan tulang sob. Nah pas
saya coba tuh suplemen tersebut, dan saya berposisi menjadi jembatan belum beberapa
detik saja tubuh saya langsung mleyot apalagi dilalui dan diinjak-injak orang?
Eh ada satu lagi nih contohnya, iklan tentang shampoo mau anti ketombe, buat lurus, berkilau atau lebat. Tapi ketika dipakai biasa saja tuh, kagak jadi lurus
3.
Iklan
yang ditayangkan tergantung pada acara dan jam tertentu
Nah
mungkin bagi kebanyakan orang dianggap sebagai pengganggu saja, apalagi kalau
acaranya yang sedang ditonton sangat seru, menarik atau bahakn sedang dalam
keadaan yang menegangkan. Apalagi kalau kebanyakan iklan, tambah mangkel rasane mbok. Tetapi kali ini saya tidak akan membahas tentang hal tersebut
sob, saya akan membahas tentang iklan yang ditayangkan pada jeda sebuah acara.
Kalau diperhatikan dengan seksama sob, saat acara program anak-anak terutama
kartun, iklan yang muncul juga berhubungan dengan anak-anak juga seperti produk
camilan layaknya makanan. Ini sering dijumpai pada pagi hari jam apalagi kalau hari
libur. Kalau acara gossip atau infotainment, iklan yang muncul tentunya
berkaitan dengan ibu-ibu atau kaum hawa. Nah kalau jam-jam malam yang biasanya
sih menayangkan acara televisi untuk orang dewasa yang muncul tentu berhubungan
dengan orang dewasa sob seperti iklan rokok, iklan kondom. Aneh kan kalau
malam-malam jam 12an muncul iklan nyonyot dikenyot nyot..nyonyot dikenyot nyot.
4.
Iklan
berhadiah
Masih
ingat sob, iklan tentang registrasi dengan cara sms lewat hp, yang ketik REG spasi bla.bla.bla…kirim ke hatimu
saja deh. Itu semua scam dan bohong sob, faktanya data pemenangnya tidak jelas,
nah selain itu kalau ditelepon secara langsung mungkin itu semua disetting sama pihak iklannya. Jadi
tidak ada gunanya, lagian pulsa berkurang juga bisa juga tersedot loh tiap
harinya. Hadiahnya sih keren ada hp mBelekBerry,
Mobil Motor dan lain-lain, tapi kita tidak tahu siapa pemenangnya, mungkin
kalau diusut juga tidak bakalan ketemu tuh pemenangnya. Masih banyak iklan REG
lainnya seperti REG spasi JODOH dan lain-lain, itu semua juga bohong kali.
5.
Iklan
aneh
Iklan
mobil nyangkut di atap, mobil jatuh di laut
Masih
ingat iklan tentang jatuhnya mobil dari langit ke atap rumah dan laut yang bahkan diberitakan layaknya sebuah
program berita sungguhan?
Itu
juga iklan yang aneh banget sob, sejak kapan langit memproduksi mobil. Di
langit memang ada pabrik mobil kah, kok sampai ada mobil jatuh kea tap rumah.
No comments:
Post a Comment